Pilih Marketplace, Website Pribadi atau Media Sosial untuk Bisnis Online?

Related image

jasa pembuatan website profesional - Saat ini banyak pilihan untuk penjual on-line untuk pasarkan dagangannya. Mereka dapat berjualan di sosial media, buat situs atau situs sendiri dan marketplace yang tawarkan iming-iming menarik untuk customer. Semasing pasti memiliki keunggulan dan kekurangan.

Penjual pun banyak diuntungkan dengan terdapatnya bermacam media untuk berjualan. Bahkan juga banyak yang memakai semua situs untuk pasarkan dagangan mereka. Bagaimana dengan pemula yang ingin mulai sebuah bisnis on-line? Pelaku bisnis pemula sering bingung memilih berjualan di media apa. Mereka yang tengah meniti bisnis tentu perlu customer yang akan jadi pelanggan saat mulai berjualan kelak.

Sosial media, marketplace dan situs pribadi yaitu pilihan untuk pelaku bisnis on-line untuk buka toko mereka. Sudah pasti semasing memiliki keunggulan dan kekurangan. Pelaku bisnis on-line pemula harus cermat lihat kesempatan di semasing media.

Banyak pelaku bisnis on-line yang mengalihkan toko onlinenya dari sosial media ke marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada atau Shopee. Berjualan di marketplace relatif mudah dan aman untuk pelaku bisnis. Tetapi ada pula mereka yang tetaplah setia memakai sosial media untuk tempat berjualan. Untuk mereka yang memiliki modal lebih, dapat memilih alternatif untuk membuat situs sendiri.

Marketplace 

Saat ini banyak penjual yang berpindah ke bisnis on-line. Mereka memakai media sosial untuk promosi dan bertransaksi di marketplace. Penjual tidak perlu keluarkan biaya untuk hosting, domain atau semua suatu hal yang berkaitan dengan IT. Konsumen telah mengacu marketplace hingga kita tidaklah perlu ribet beriklan atau pasarkan. Penjual biasanya hanya memberitahu pada pelanggan di sosial media kalau toko mereka dapat juga dibuka di Tokopedia atau Shopee misalnya.

Ada rekening dengan juga memberi keringanan untuk penjual. Barang hanya juga akan di kirim bila telah terkonfirmasi kalau si konsumen telah melakukan pembayaran. Diluar itu system penilaian dari konsumen sangat menolong menambah penjualan.

Meski sekian ada pula beberapa kekurangan marketplace. Penjual harus ikuti ketentuan main yang diaplikasikan oleh marketplace. Bila suatu saat marketplace merubah kebijakan, Kamu jadi “penyewa” tidak dapat melakukan perbuatan apa-apa. Persaingan perebutan ketat antarpenjual di marketplace sangat terlihat. Persaingan perebutan harga dan potongan harga yang didapatkan untuk menarik customer sering dilakukan oleh konsumen. Ketika customer belanja di marketplace, kemungkinan besar konsumen melirik toko beda hanya karena toko itu memiliki harga yang lebih murah.

Situs Pribadi 

Banyak pelaku bisnis on-line yang membuat situs khusus untuk toko mereka. Sama juga dengan marketplace, situs atau toko on-line itu juga diperlengkapi dengan display barang, keranjang berbelanja, dan system pembayaran yang dicheck automatis. Penjual juga sediakan feature chat untuk mempermudah konsumen bila ada yang di tanyakan.

Penjual yang membuat situs pribadi juga akan memiliki kontrol seutuhnya pada toko onlinenya itu. Tak akan menumpang di situs punya orang yang lain, karena pelanggan juga akan segera mengingat nama toko Kamu. Dengan hal tersebut brand toko Kamu juga akan makin di kenal dan konsumen segera mengacu ke toko on-line punya Kamu.

Resiko bila Kamu membuat situs sendiri yaitu Kamu sering ditempatkan dengan masalah tehnis. Contoh pesanan pelanggan yg tidak masuk, kecepatan situs yang lambat atau pembayaran yg tidak dapat terkonfirmasi. Masalah beda yang dihadapi yaitu Kamu harus belajar menjaring pelanggan dengan membuat traffic Kamu. Tehnik SEO dan marketing on-line pun harus Kamu tekuni.

Media Sosial 

Sosial media yaitu fasilitas paling awal yang dipakai beberapa pelaku bisnis on-line. Sosial media seperti Facebook dan Instagram paling banyak digunakan untuk fasilitas berjualan. Keuntungan yang didapat bila berjualan memakai sosial media yaitu gratis. Kamu dapat juga memakai jaringan pertemanan jadi customer atau customer toko on-line.

Diluar itu Kamu dapat juga memakai sarana Fanpage yang dapat digunakan untuk menjaring pelanggan. Tetapi saat ini penjualan di sosial media alami penurunan, karena Facebook mengaplikasikan system algoritma hingga tulisan jualan Kamu juga akan terbatas tampil di teras seorang. Terkecuali bila Kamu memakai Facebook Ads yang saat ini banyak dipakai oleh penjual on-line.

Sosial media banyak juga dipakai jadi fasilitas promosi untuk pelaku bisnis on-line. Transaksi dan penjualan tetaplah dilakukan di situs pribadi mereka atau marketplace yang mereka ikuti.

Jadi pelaku bisnis, situs apa yang juga akan Kamu pakai untuk berjualan? Apakah Kamu juga akan memakai marketplace, sosial media, atau situs pribadi?

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar