7 Taktik Pemasaran Paling baik untuk Usaha Kuliner


Seputar 20 tahun waktu lalu, masyarakat yang mempunyai koneksi internet cuma sebesar kurang dari 1 (satu) %. Sekarang, menurut riset dari We Are Social serta Hootsuite, lebih dari 4 miliar orang telah memakai internet. Tingkat penetrasi internet sekarang telah sebesar 53%, jumlahnya ini dapat jadi satu fakta kuat jika Kamu harus memakai taktik pemasaran pada usaha kuliner Kamu. andy soewatdy bisa menjadi solusi untuk kamu.

Ini tentu saja benar-benar memengaruhi industri F&B (food and beverages) dimana sejumlah besar populasi online ini telah mulai cari serta temukan restoran dengan online.

Populasi pemakai sekitar ini cari menu, memperbandingkan harga, membaca penjelasan (ulasan) sebelum pergi ke restoran atau bahkan juga pesan makanan dengan online memakai layanan-layanan pesan antar yang dipesan online.

Diambil dari satu survey yang diselenggarakan Adweek pada tahun 2016, sekitar 25% orang mempunyai paling tidak satu aplikasi restoran di hp mereka. Survey yang lain menjelaskan, sebesar 85% dari mereka yang cari makanan lewat hp mereka meneruskan untuk mengakhiri pemesanan memakai media yang sama.

Tetapi, customer itu tidak berhenti cuma sesudah temukan restoran yang mungkin mereka gemari, atau sesudah lakukan pemesanan.

Beberapa customer di masa kekinian ini yang sudah diberdayakan tehnologi dengan benar-benar gampang bisa menolong keberhasilan satu restoran atau malah justru bisa merepotkan restoran itu otomatis.

Cukup dengan memberi penjelasan online atau mungkin dengan share pengalaman pada sosial media mereka, restoran Kamu bisa tingkatkan popularitas serta jumlahnya konsumen setia atau justru jadi sepi.

Bukan sekedar sekitar kualitas serta rasa dari menu-menu yang Kamu menawarkan, service dan situasi restoran Kamu dapat juga jadi tolak ukur yang penting pada ulasan-ulasan itu.

Taktik pemasaran untuk Usaha Kuliner
Dengan adanya banyak konsumen setia yang pilih untuk memakai bermacam-macam tehnologi saat cari serta pesan makanan, bagaimana Kamu lakukan taktik pemasaran juga harus juga beralih. Ditambah lagi, usaha kuliner adalah satu diantara usaha yang terbanyak disukai sekarang.

Agar bisa bertahan serta berkembang di pasar kuliner sekarang dengan adanya banyak pemain serta tingkat kompetisi yang tinggi, Kamu membutuhkan taktik pemasaran yang mendalam yang akan memberi efek yang tinggi yang sesuai skema tingkah laku konsumen setia Kamu sekarang.

Dengan taktik pemasaran yang sesuai dengan, Kamu bisa membuat jati diri merek Kamu, tingkatkan kesadaran (awareness), memperluas serta menguatkan jangkauan Kamu, menggerakkan keterkaitan konsumen setia Kamu, dan perbanyak konsumen setia serta transaksi Kamu selanjutnya.

Di bawah ini, kami jabarkan beberapa inspirasi serta taktik pemasaran restoran yang bisa menolong Kamu untuk membuat gagasan pemasaran restoran yang efisien yang akan tingkatkan kesempatan Kamu menjadi lebih sukses! andy soewatdy salah satu orang terkaya di Indonesia.

1. Daftarkan Usaha Kamu pada Basis Service Penelusuran Restoran
Situs dan aplikasi penelusuran serta penemuan restoran serta portal penjelasan online seperti Zomato dipakai dengan luas oleh beberapa pencinta kuliner untuk cari serta temukan restoran-restoran. Sepanjang sekian tahun, platform-platform ini sudah jadi tempat buat pemakai online untuk cari serta temukan restoran favoritnya.

Tidak hanya service penelusuran atau direktori restoran, ada pula platform-platform yang fokus pada service pemesanan restoran dan basis yang kumpulkan ulasan-ulasan online dari beberapa pencinta kuliner.

Di Indonesia, banyak situs serta aplikasi yang tawarkan layanan-layanan itu seperti Zomato dari India yang telah masuk ke Indonesia sejak tahun 2013 lalu, serta banyak startup lokal yang telah mulai tawarkan usaha sama.

Lihatlah daftar paling baik platform-platform paling baik yang dapat Kamu gunakan untuk pasarkan restoran Kamu di sini!

Dengan mendaftar usaha Kamu pada aplikasi-aplikasi itu, restoran Kamu akan ada pada daftar penelusuran serta bisa jadi lebih diketahui warga yang semula tidak tahu merek Kamu.

Pikirkan, bila restoran Kamu tidak tercatat di satu diantara portal atau aplikasi itu, restoran lainlah yang bisa menjadi pilihan pemakainya. Oleh karena itu, implementasikan taktik pemasaran yang dapat disebut cukup gampang ini serta cepatlah daftarkan usaha Kamu sebanyak-banyaknya!

2. Gunakan SEO untuk Mencapai Konsumen setia
SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization sesuatu proses untuk memengaruhi tingkat visibilitas satu situs atau halaman situs hasil dari penelusuran tidak berbayar atau organik dari satu mesin pencari.

Dalam kata lain, SEO bermakna lakukan proses berbentuk kegiatan tersendiri pada situs situs atau halaman situs Kamu supaya saat beberapa pemakai internet cari suatu yang terkait dengan isi dari situs situs atau halaman situs Kamu, situs situs atau halaman Kamu itu akan tampil di halaman awal dari daftar hasil penelusuran kata kunci (keyword) itu.

SEO ini jelas adalah satu diantara taktik pemasaran yang wajar diperhitungkan untuk restoran Kamu. Keyword atau kata kunci (keyword) seperti ‘restaurants near me’ atau ‘restoran di sekitar saya’ mempunyai 7.480.000 jumlahnya pencarian bulanan di Google.

Bila Kamu dapat memberikan SEO kata kunci (keyword) itu di situs Kamu serta bisa ada pada halaman-halaman awal, pikirkan sebegitu beberapa orang sebagai tahu usaha Kamu?

Yakinkan judul situs Kamu mempunyai nama merek Kamu dan tempat serta kode pos restoran Kamu. Daftarkan juga usaha Kamu di Google Bisnisku. Yakinkan alamat di situs Kamu persis sama dengan info yang Kamu kirimkan ke Google atau situs agregator yang lain. Alamat restoran harus tertera di situs Kamu (dapat ditempatkan di footer situs). Terdapatnya info alamat bisa menolong penelusuran lokal.

Yakinkan menu Kamu ada di halaman spesial, jangan cuma menyertakan brosur menu berbentuk PDF. Pada halaman itu, Kamu bisa menggambarkan menu itu, bahan-bahannya, serta yang lain. Bila menu Kamu cukup unik, ini bisa ada pada penelusuran tersendiri.

Banyak hal yang lain yang bisa Kamu kerjakan untuk meningkatkan SEO untuk situs Kamu seperti dengan menulis website dengan teratur serta menerbitkan content yang menarik serta memasukkan pada situs Kamu.

3. Bentuk Ulasan yang Baik serta Jangan Jauhi Ulasan Jelek
Sering buat konsumen setia untuk mengungkapkan kejadian buruk mereka dalam suatu restoran. Tetapi, jangan dibiarkan beberapa penjelasan jelek lemahkan rekam jejak restoran Kamu.

Ulasan-ulasan jelek ini malah memerlukan tanggapan publik yang sopan serta cepat. Sebutkan terima kasih pada konsumen setia itu sebab sudah berkunjung ke restoran Kamu, sebutkan jika Kamu akan melakukan perbaikan service Kamu, apabila ada permasalahan yang lumayan besar, tawarkanlah coupon gratis atau potongan harga buat konsumen setia itu.

Diluar itu, jangan merasakan cukup hanya ulasan-ulasan yang positif, masih tingkatkanlah service Kamu serta beri repons sebab makin positif ulasan orang pada restoran Kamu, makin tinggi juga rangking restoran Kamu pada platform-platform penelusuran seperti Zomato atau Google.

4. Pakai Media Sosial dengan Efisien
Seperti yang bisa Kamu lihat pada gambar diawalnya artikel ini, menurut riset dari We Are Social serta Hootsuite, tingkat penetrasi pemakai sosial media yang aktif sudah sampai 42% dari keseluruhan populasi dunia. Bisa Kamu lihat jika sosial media adalah kesempatan serta pilihan taktik pemasaran yang besar sekali buat Kamu untuk pasarkan usaha bila dipakai secara baik.

a. Tetapkan sosial media yang sesuai dengan
Apa yang dapat Kamu kerjakan dengan account sosial media usaha Kamu? Pertama, Kamu harus mengidentifikasikan sosial media yang seringkali dipakai sasaran pasar Kamu.

Oleh karenanya, penting buat Kamu untuk terlebih dulu tahu siapa sasaran pasar Kamu, dan mengidentifikasikan sosial media mana yang seringkali mereka pakai. Ini akan sangat mungkin Kamu untuk fokus usaha Kamu serta manfaatkan sumber daya Kamu lebih baik.

Tapi, jangan terpaku pada cuma satu sosial media saja. Meskipun sekarang Instagram adalah media yang benar-benar popular serta sering dipakai oleh beberapa usaha kuliner di Indonesia, Kamu semestinya membuat Facebook Page dan account di Twitter untuk menyampaikan promo-promo yang sedang berjalan. Janganlah lupa untuk terus meng-update content di sosial media Kamu.

b. Implementasikan UGC
Hal-hal lain yang bisa Kamu kerjakan ialah promo memakai user-generated konten (UGC). Taktik ini adalah alat yang benar-benar baik untuk membuat jalinan dengan konsumen setia Kamu.

UGC bisa dikerjakan dengan beberapa jenis langkah, dari mulai me-repost atau mempublikasikan lagi apa yang sudah di post oleh konsumen setia Kamu ke account restoran Kamu sampai membuat kontes photo makanan restoran Kamu di Instagram serta mempublikasikan lagi pemenangnya.

Memakai UGC bisa membuat konsumen setia Kamu merasakan lebih diikutsertakan serta dihargai, dan jadi fasilitas lain untuk bagikan ulasan baik tentang restoran Kamu.

c. Gaet Influencer
Kamu dapat juga menggandeng influencer (akun-akun sosial media yang mempunyai banyak pengikut) serta food blogger populer untuk menolong tingkatkan popularitas merek Kamu.

Kirimkanlah makanan gratis pada mereka serta mereka akan bagikan penjelasan tentang produk Kamu pada pengikutnya. Mereka dapat tampilkan restoran Kamu di website atau sosial media mereka yang akan meningkatkan jumlahnya awareness usaha Kamu.

5. Pasang Iklan di Facebook serta Google
Iklankan restoran Kamu dengan online sebab bisa sangat mungkin Kamu untuk membidik audience yang benar-benar detil memakai Facebook serta Google Ads. Kamu bisa menyaring (filter) audience Kamu dengan konsentrasi berdasar umur, type kelamin, tempat, serta yang lain.

Ditambah lagi, dengan pemasangan iklan memakai Google, Kamu bahkan juga bisa memastikan rangking untuk keyword yang memiliki kandungan nama kompetitor Kamu.

Beriklan memakai Facebook atau Google memang memerlukan ongkos, tapi bila dikerjakan secara benar karena itu dapat jadi satu diantara taktik pemasaran yang cukup efisien.

6. Kerja sama dengan Service Pesan Antar
Ada banyak aplikasi yang tawarkan service pesan-antar saat ini. Penghasilan Kamu dapat benar-benar terbantu khususnya sebab Kamu dapat pasarkan usaha Kamu pada basis itu.

Jadi contoh, pikirkan bila Kamu bekerja bersama dengan GoFood yang disebut service pesan-antar paling besar ke-2 di dunia. Juta-an pemakai aplikasinya dapat lihat restoran Kamu lewat aplikasi Gojek.

Tidak itu saja, konsumen setia Kamu dapat membayar ongkos pengantaran yang tambah murah memakai promo-promo dari GoFood. Kamu dapat juga turut memberi promo-promo GoFood buat konsumen setia restoran Kamu.

7. Kirimkan E-mail Newsletter
Kirimkan e-mail pada konsumen setia Kamu jadi bentuk dari kegiatan rutin promo restoran reguler Kamu. Dapatkanlah alamat e-mail dari pelanggan-pelanggan Kamu lewat reservasi atau dengan cara yang lain serta kirimkan e-mail newsletter dengan teratur (tak perlu sering-sering sebab konsumen setia malah justru akan merasakan terusik) tentang kabar-kabar paling baru dari restoran Kamu seperti saat ada menu baru atau sedang ada promosi.

Nah, bila Kamu belum lakukan beberapa hal di atas untuk taktik pemasaran usaha kuliner Kamu, awalilah menjalankannya serta buat restoran Kamu lebih diketahui serta naikkan transaksi Kamu!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar