Jangan Sembarangan Pilih Sepatu Lari, Ada Tips-nya Loh


Baru mulai menyukai olah raga lari atau akan beli sepatu lari baru? Jangan tergesa-gesa, sepatu lari harus nyaman digunakan, ini tips-nya. Jual sepatu safety bisa mrnjadi solusi untuk kamu.

Olah raga lari jadi pilihan untuk ingin jaga kesehatan badan ditengah-tengah sibuknya melakukan aktivitas. Bagaimana tidak, lari cukup gampang dikerjakan.

Lari dapat dikerjakan dimana dan kapan saja. Contohnya sebelum pergi kerja, kamu dapat lari melingkari komplek perumahan.

Tetapi butuh diingat, memakai sepatu lari yang salah dapat juga jadi pemicu kamu terjatuh serta luka waktu lari. Ditambah lagi, umumnya sepatu lari berasa bertambah nyaman saat kamu mencobanya di toko.

Nah, keadaan sebenarnya akan berasa jika kamu telah menggunakan sepatu lari itu dengan jarak beberapa km.. Waktu itu kamu baru sadar jika sepatu lari yang pas untuk tidak bergantung pada mereknya, tetapi pada beberapa hal, terhitung tempat waktu lari, style lari, berat tubuh, serta bentuk dan telapak kaki.

Tidak terpikirkan awalnya kan? Dibanding bingung, mending kamu baca panduan pilih sepatu lari yang pas di bawah ini.

Bentuk telapak serta gerak kaki
Pasti, bentuk telapak kaki setiap orang berlainan, hingga tidak semua pas pada satu sepatu lari yang sama. Penting untuk tahu bentuk telapak kaki serta type pergerakan kaki supaya lebih gampang dalam pilih sepatu lari yang pas.

Dari Tokopedia.com, pada intinya ada tiga bentuk kaki. Pertama normal arch, bentuk kaki ini mempunyai pojok kelengkungan yang normal disamping dalam telapak kaki. Normal arch umumnya mempunyai pronasi (type pergerakan kaki) yang normal juga. Saat lari, kelengkungan kaki akan memengaruhi pergerakan kaki serta hentakan kaki di tanah. Dengan bentuk telapak kaki ini akan dianjurkan memakai sepatu dengan dikit lengkungan dibagian tengah sepatu yang biasa disebutkan semi curved shoes.

Ke-2, low arch yang mempunyai bentuk telapak kaki dengan pojok kelengkungan kecil hingga kelihatan cukup rata. Biasa bentuk telapak kaki ini seringkali disebutkan flat foot. Low arch mempunyai type pergerakan kaki overpronation. Kaki dengan bentuk ini condong menekuk kakinya ke luar dibandingkan dengan kelengkungan kaki normal. Sepatu yang pas umumnya ialah sepatu dengan motion control.

Paling akhir ialah high arch. Bentuk kaki High Arch mempunyai sisi tengah kaki yang lebih tipis dibandingkan bentuk kaki yang lain. Desakan yang besar umumnya ada di sisi tumit serta sisi depan kaki. Type pergerakan kaki ini ialah underpronation dengan pergerakan kaki menekuk ke.

Sepatu yang pas umumnya ialah neutral shoes yang mempunyai bantalan kaki di bagian depan serta tumit untuk menyangga kaki. Pemilik bentuk telapak kaki ini umumnya mempunyai kaki berupa O. Hingga, perlu penentuan sepatu yang pas.

Tempat lari
Saat kamu akan beli sepatu lari, pikirkan dahulu tempat dimana akan memakainya. Apa di jalan aspal (road running), di atas mesin treadmill, atau di permukaan berbatu (trail running)?

Biasanya, seperti diambil dari Kompas.com, sepatu road running direncanakan untuk digunakan di permukaan rata serta keras seperti aspal. Sepatu type ini diperlengkapi bantalan untuk menahan bentrokan dan untuk bikin langkah kamu lebih konstan.

Sepatu cross training dikit berlainan, sebab direncanakan untuk dipakai di gym atau tempat kesehatan. Umumnya sepatu cross training memberikan kesetimbangan pada penggunanya lewat sol serta bantalan yang tebal.

Sedang sepatu trail running direncanakan untuk digunakan di permukaan berbatu, berlumpur, dengan beberapa halangan seperti akar pohon serta rumput. Sepatu type ini diperlengkapi sol anti slip dan bentuk serta bahan spesial untuk memberikan dukungan, kestabilan, dan perlindungan kaki.

Bantalan empuk
Buat kamu yang mempunyai berat tubuh di atas rata-rata, sepatu lari dengan bantalan yang lebih tebal dari sepatu lari biasanya semakin lebih dianjurkan. Sebab, bentrokan di antara kaki dengan permukaan yang perlu diredam oleh sepatu akan makin besar.

Bantalan yang empuk pada sepatu berperan untuk bertambah nyaman saat dipakai. Tiap sepatu mempunyai tehnologi serta fiturnya semasing terhitung bantalan yang ada di sepatu. Penting untuk memerhatikan bantalan sepatu yang pas buat kaki supaya nyaman saat dipakai untuk lari.

Mode sepatu
Pilih sepatu lari yang pas jangan cuma lihat dari modelnya saja. Memang di toko, kamu akan disuguhi bermacam mode yang menarik, seolah-olah paling prima bila digunakan.

Sepatu lari yang lebih lentur dibagian yang akan menekuk waktu lari dipandang lebih fleksibel di kaki. Sepatu yang kaku akan membuat kaki tidak nyaman dan punya potensi mengakibatkan luka.

Cocokkan ukuran
Bila telah temukan kenyamanan serta mode yang pas, tentu saja yang perlu dipikir waktu pilih sepatu lari ialah ukuran. Jauhi beli sepatu dengan ukuran yang begitu cocok atau cukup ketat, sebab bisa membuat kaki lecet.

Jangan yakin pada mitos jika sepatu lari nanti akan melonggar dengan sendirinya bersamaan penggunaan. Itu tidak selamanya berlangsung! Serta, beda merk serta mode, karena itu berlainan keselarasan ukuran sepatu dengan kaki.

Bila ingin beli sepatu lari semestinya pada malam atau sore hari, waktu kaki akan melebar sesudah sepanjang hari dipakai untuk melakukan aktivitas.

Imbuhkan 1/2 sampai satu ukuran semakin besar dari ukuran kaki. Waktu coba sepatu lari di toko yakinkan ada tersisa ruangan seputar satu jari di antara ujung kaki dengan sepatu. Butuh diperhitungkan lebar kaki, sebab jika begitu sempit di samping pun tidak akan nyaman digunakan lari.

Yang penting waktu pilih sepatu lari ialah kenyamanan. Di toko ada beberapa ratus merk serta mode sepatu lari yang merayu. Harga sepatu lari juga mahal. Jadi, jangan pernah salah waktu pilih sepatu lari!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar